Waspadai Semeru

0

Hei, arek-arek Jawa Timur waspada loh ya … !
Gunung Semeru di Jawa Timur sedang menunjukkan kegiatannya. Kegiatan Semeru sebenarnya sudah sejak bulan Mei 2006 lalu. Namun waktu itu perhatian masih banyak ke Gunung Merapi Jogja.

Volcanic Activity on Semeru

Sumber NASASemeru Volcano, on the island of Java, emitted another modest cloud of volcanic ash and/or steam in late August 2006. The Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) flying onboard NASA’s Terra satellite captured this image on August 25. The volcanic plume can be distinguished from the nearby clouds by its dull color and diffuse shape. In contrast, the clouds in this image appear as discrete white dots. During the spring and summer of 2006, Semeru released many of its plumes not in continuous streams but in series of “burps.”

This plume appears to follow the same pattern; while a fairly sizable plume blows off to the west, another puff appears at the summit. NASA image created by Jesse Allen, Earth Observatory, using data obtained courtesy of the MODIS Rapid Response team.

Tak kenal maka tak waspada :

  • Nama Gunungapi : G. Semeru
  • Nama Lain : Semeroe, Smeru, Smiru
  • Nama Kawah : Jonggring seloko
  • Lokasi Geografis : 08 06,5’LS dan 112 55 BT
  • Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur.
  • Ketinggian : Puncak Mahameru 3676 m
  • Kubah lava : Jonggring Seloko 3744,50 m
  • Kota Terdekat : Malang, Lumajang Probolinggo, Pasuruan
  • Tipe Gunungapi : Strato dengan kubah lava

1 COMMENT

  1. Saya mendaki Gunung semeru sampai puncaknya tahun 1983, terus kedua kalinya tahun 1986, kawahnya luasnya 12 hektar, di puncak total 24 hektar..alau mengeluarkan asap 10 menit sekali, kalau waktu keluar seperti bom orang perang..hampir gunung di jawa saya telah mendaki terakhir tahun 1988, pensiun jadi pendaki..di situlah kebesaran Tuhan ditunjukan.

  2. ass…, saya mau tanya nih ama mas rovicky
    gimana ya kondisi semeru saat ini, kok kabarnya di tv lagi meletus. Apa semeru lagi ditutup untuk kegiatan pendakian. Soalnya kan biasanya orang2 tuh banyak yg ngadakan upacara di semeru pas 17an, termasuk aku nih salah satu pesertanya. Terima kasih ya atas balasannya.

  3. kebetulan daerah tempat tinggal nenek saya dekat dengan jalur aliran lahar, tepatnya dekat dengan besuk SAT, di daerah itu sekarang sudah lumayan padat jumlah penduduknya.
    Memang rasanya perlu di berikan penjelasan dini kepada masyarakat sekitar agar selalu waspada.
    Kata bang napi … WASPADALAH….

  4. Terima kasih pak Rovick,
    o..ya pak, kalau seandainya semeru bakalan meletus kira-kira
    dampak yang paling besar dirasakan di kab.lumajang apa di kab. malang ?
    ibu saya kebetulan asli dari lumajang dan nenek saya masih tinggal disana tepatnya di kecamatan senduro kab. lumajang.
    saya juga masih punya banyak saudara-saudara saya yang tinggal disana.
    terima kasih atas penjelasannya.

  5. Wah kayaknya geosciencenya masih pada terpesona dengan Mud Volcano, jadi lupa pada Volcano beneran ya.
    Aku kemarin baru liat daerah semeru dsk.
    Memang dugaan yg dijogja kemarin adalah volkanisme memicu sesar-sesar di Jogja. Akibatnya yg bergetar kemarin bukan hanya satu sesar saja tetapi beberapa segmen lain juga ikutan.
    Tetapi gempa itu sendiri akhirnya mempengaruhi gegerboyo yg menjadi muntahannya kearah selatan (Kaliadem)

  6. iya nih pakde ROVICK bener kata Om Marmot….
    jadi inget januari 2005 dulu kita pernah survey ke lumajang gara2 gunung lamongan,
    tepatnya disebelah utara lereng g. lamongan (dusun ranu gedang, kec. Tiris),
    soalnya pas tanggal 4 januari ada aktifitas gempa vulkanik di daerah ini, lha kok ndilalah..tanggal 5 nya ada gempa tektonik di barat daya lumajang, lha ndak tau ada kaitannya ndak, wong ya serba kebetulan jee hehehe.
    dari hasil survey memang ada peningkatan aktifitas gempa vulkanik di gunung Lamongan, berhubung gunung berapi bukan bagian kami ya ndak bisa bilang apa2 soal aktivitas gunung ini.
    ndak tau lagi sekarang tambah aktif gunungnya, coba pakde ROVICK tanyain ke temen2 DVMBG-ESDM/Vulkanologi, setau saya di deket2 Lumajang ada pos pemantau gunung berapinya Vulkanologi, mbok ya Om Marmot tanya kesana, pasti dijelasin sejelas-jelasnya

    oh ya Pakde ROVICK pertanyaan saya belom ada nyang njawab ya??
    hehehe

  7. pak, nee yang dibahas semeru yah, gimana dengan lamongan. Kan saudara dekat tuh… Aktifitas lamongan juga meningkat.
    Yang susah itu, ada juga yang mengkaitkan dengan lempengan yang sama dengan jogja. Pak, Cari resource yang asyik untuk dibaca dimana seh…biar bisa jadi penjelasan…ke temen2 yang lain.
    Hari ini kami di lumajang, sudah menangkap keresahan, malam dah senyap, ndak seperti biasanya…

  8. Bener juga pak Rovicky,
    kita harus mengenali lingkungan kita sehingga bisa waspada,
    ngomong2 menurut pak Rovicky, peningkatan aktifitas Semeru ini bisa ndak memicu gempa “tektonik” di sesar2 deket2 situ, katakanlah sesar gresik atau lainnya, seperti kasus gunung merapi-sesar opak, seperti diperkirakan banyak teman2 geologi sebagai pemicu gempa yogya??
    soalnya dari pantauan seismograph kami di Tretes belum ada tuh gempa lokal sekitarnya jawa timur mulai bulan mei 2006, adapun sangat2 kecil
    dan juga sesar “lokal” mana yang paling dekat dengan posisi semeru saat ini?? dari peta geologi yang kami punya agak jauhan sih dibanding merapi-opak, yaitu sekitar ploso, atau gresik
    terimakasih
    salam

  9. wah aku tinggal dimalang nih, semoga gak terjadi apa2x.
    Biasanya sih bulan2x mei – september hujan abus sering sekali terjadi. Tapi Alahmdulillah tidak terjadi apa2x sampai sekarang.

Leave a Reply