Pingin Sukses : Jangan Baca Koran Pagi Hari !

62

00-10:00Membaca koran yang masih paling anget emang paling sering dilakukan pada waktu pagi. Biasanya bangun tidur ketika ada penjaja koran teriak … “koo.. raannya koran !” atau koran diantar kedepan pintu.

Banyak yg merasa hebat kalau semua orang belum tahu berita dan anda akan tahu paling duluan, ntar kalo dikantor biar seolah-olah menjadi orang paling up to date !

Berita apa yg menyita waktu pagi anda? Apa pengaruhnya pada jam-jam nanti di kantor. Koran apa yg anda baca ? Atau barangkali situs berita apa yg anda baca di internet setiap pagi ?

Hampir semua berita koran dimana saja sering didahului atau dibumbui dengan issue Negatif. Coba saja lihat isinya, hampir semua headline diawali dengan berita tidak mengenakkan. Berita bencana, berita kerusakan, berita protes.

Mengapa ?

Ah, semua orang termasuk anda juga sudah tahu bahwa berita buruk jelas lebih laku dibanding berita baik. Iya kan ? Lah para wartawan, redaksi, dan pengusaha media itu malah lebih mengerti perilaku pembaca dan penikmat berita seperti kita-kita ini. Bahkan mereka melakukan survey pemasaran berita, setiap kota pemasarannya berbeda-beda tentunya.

Secara umum di Indonesia ini ‘kegagalan lebih bernilai sebagai berita‘ daripada kesuksesan. Dan biasanya ada nada kebanggaan bagi media yg berhasil membongkar kejahatan … Dah, lah ngomongin media emang kepanjangan ngabisin energi. Dan perilaku itu selalu dicat dengan bumbu demokrasi dan kebiadaban kebebasan ekspresi.

Hal ini tentunya termasuk juga yang ada di berita TV pagi,

Membaca tentu sesuatu hal yang wajib, mengetahui sesuatu hal yang baru tentu wajib. Apalagi perubahan dunia terasa sangat cepat. Nah tapi kenapa jangan dibaca dipagi hari ?

Awali pagi dengan berita gembira !

Pagi hari pikiran manusia masih relatif bersih setalah bangun tidur, suasana pagi akan sangat-sangat mempengaruhi suasana hati (mood) yang jelas berpengaruh pada prestasi kerja siang hari di kantor ataupun ditempat kerja lain. Kalau berita buruk merasuki pikiran ini, maka mood atau suasana hati akan sangat terpengaruh.

Iya lah, masak pagi-pagi dijejali kisah kesulitan. Masak sih mata masih susah dibuka eh udah ngedengerin berita TV yg isinya berdarah-darah. Jadi jangan racuni otak anda dengan berita di pagi.

Apa yg sebaiknya dilakukan dipagi hari ? Olah raga, sholat bagi yg muslim, dan kalau memang ingin membaca sambil nyruput kopi atau teh manis maka sebaiknya membaca majalah atau yg berhubungandengan pekerjaan.

Membaca artikel yg cukup serius dan ilmiah akan sangat mudah masuk ke memori otak dipagi hari. Membaca teksbook, membaca majalah ilmiah akan lebih mengena, dan sangat mungkin membuka mata akan adanya penyeleseian problem di kantor nanti.

Bacalah koran dan berita (news) setelah makan siang !

Tentunya saya tidak bermaksud melarang membaca berita, tetapi bagaimanapun hampir semua pekerjaan anda tidak akan terpengaruh dengan berita kejadian buruk yg dibuat pagi ini. (Kecuali orang-orang tertentu yang tugasnya membuat klipping berita tentunya).

Bahkan muka masam serta senyum kecut anda mungkin akan mempengaruhi mood atau suasana hati. Sehingga membaca berita koran akan lebih nyaman dan tidak mempengaruhi suasanan hati ketika bekerja apabila dibaca setelah 3-4 jam bekerja.

Ketika pekerjaan pagi sudah mulai lancar tinggal menyeleseikan dan melanjutkan mungkin membaca koran bisa dipakai sebagai selingan. Sehingga membaca koran sebaiknya dibaca setelah makan siang.

Gimana mnurut anda ?

Suasana hati itu bisa diciptakan dan bisa kita atur !

Daripada baca webnews portal …. ah, mending baca tulisan para Blogger yg lebih optimis melihat dunia !

62 COMMENTS

  1. Dulu ingat ada joke tentang koran harian ibu kota yaitu “pos ko*a dan Lampu Me*ah”… Ini koran kalo diremes-remes atw di peras akan keluar darah…klo di pake buat bungkus makanan, ini makanan jadi bau amis darah..:d

  2. Saya setuju bahwasanya koran itu lebih baik dibaca pada siang hari setelah makan siang atau selelah pulang kerja bagi mereka yang punya pekerjaan , tapi baca koran pagi juga tidak ada salahnya Bang , asal bisa memilih tema bacaan yang membangun sebab tidak semua berita dikoran itu adalah berita kriminal , biasanya koran akan menerbitkan berita yang seimbang antara krimal dan berita yang membangun lainnya seperti ekonomi , pembangunan , akhlak dan lain-lain. Sekarang tergantung anda pengemar berita , sarapan pagi apa yang cocok buat otak anda hari ini.

    Salam damai sejahtera selalu ………………..ANWAR LAOWO ……

  3. bener bgt tuch gan…smua berita di tv gak lagi demi mnyampaikan informasi dngn benar,tapi di tmbah’ kn agar berita menjadi menarik dan bnyak penontonya…mag skg smua yg natural udah gk ada gan…

  4. Kalau mau berita yang positif, adem ayem, damai sejahtera, coba deh liat berita di TVRI jangan TV Swasta. Chanel plat merah biasanya lebih mengedepankan sisi positif dan cenderung menutup2i kekacauan yang menyangkut pemerintahan tentunya he he he …..!

  5. Wah mantebs pak… nih baru kasih nasihat yang baik…

    saya suka gaya menulis bapak yang Optimis bin positif…

    ngijin di sebar ke Facebook…

  6. suka banget ma kesimpulan akhirnya!
    hidup blogger!
    blogger mungkin bukan jurnalis yang mengedepankan fakta, tapi tulisan seorang blogger, lebih banyak berisi harapan, dan itu menurut saya berarti lebih optimis!
    menjalani hidup dengan kebanggaan dan optimisme!
    hidup blogger πŸ™‚

  7. “Daripada baca webnews portal …. ah, mending baca tulisan para Blogger yg lebih optimis melihat dunia !”

    ha… termasuk blog ini juga pak dhe? Cipz dah πŸ™‚

  8. tidak koran tidak juga TV, rasanya hidup jadi lebih lega,.. terutama TV, kita bisa memulai hari jauh lebih dini.
    bagi yang susah bangun pagi, coba dech TV dibuang,.. Kalo ga ada TV jadinya tidur lebih dini, resikonya bangun juga lebih dini,.. ayam juga kala…

  9. Setuju Pa Dhe,
    Betul mending baca koran abis makan siang saja, selain nda rebutan ama kawan, kalopun beli disiang hari biasanya koran pagi tuh harganya “didiskon”. Jadi bisa hemat juga…he..he…

  10. Ass…….Saya setuju banget mas, terima kasih telah memberikan pencerahan kepada kami mengenai membaca koran diwaktu pagi, tpi sayangnya mas tidak mengklasifikasikan secara jelas mengenai dampak positif dan negatifnya, ya, kalau bisa di revisi lagi ya mas tulisannya. tapi ini sudah cukup baik lho mas, karena ini merupakan masalah yang sering kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. sekali lagi terima kasih. wassalam

  11. Wah, sebelumnya gak kpikiran sampek k sana tuh. Suwun nggih. Mulai besok saya baca berita siang2 aja dehhhhh… BTW ini blog menarik banget… aku minta izin taro link di tempatku boleh kan?

  12. Membaca koran atau berita TV kriminal membuat muak…kepalaku langsung pusing. Lebih bermanfaat browing ke web mencari berita-berita positif tekhnologi atau semisal Discovery Channel, atau jalan-jalan cari kardus bekas yang besar untuk persiapan mengungsi…..(lumpur sudah mau datang…………..!

  13. Disarankan, jika akan bepergian bacalah dahulu surat kabar “Warning and opportunity” (jika ada). Disini ada informasi kewaspadaan dan cara mengatasi kemungkinan kesulitan/bahaya/kerugian dan cara memperoleh kesempatan untuk meraih kemudahan/kegembiraan/keberuntungan.

  14. Yang paling baik baca koran habis makan siang mengisi waktu istirahat siang. Bisa baca iklan dan berita menurut selera. Perut sudah kenyang, emosi bisa dikendalikan,tidak mudah termakan iklan dan terhasut berita bombastis atau komentar pakar dan pejabat yang sentimental.

  15. Benar sekali mas, baca berita yang MENGESALKAN pagi hari,merusak suasana,jadi ga produktif bekrja.
    Baca koran pagi,paling iklan2nya,bagus buat mengetahui perkembangan usaha.
    Baca news,saya biasa hanaya JUDULnya saja,karena isinya bisa sangat subyektif,tergantung korannya.

    Saya tambahkan MALAAM hari,juga sebaiknya Tidak baca sebelum TIDUR,dijamin ga bisa tidur atau ngimpi ,..hahahha.
    Malam hari atau sore liat discovery ato Natural geography sangat merilekskan,….ato baca2 buku sejenis.

  16. saya jarang baca koran pagi..karena emang tidak sempet saja. biasanya baca berita via situs news online, lebih praktis secara lebih padat isinya

    salam kenal πŸ™‚

  17. Pingin Sukses : Jangan Baca Koran Dipagi Hari !
    Jangan salah…
    Justru kunci sukses adalah: Baca Koran Dipagi Hari!!!
    Ingin Bukti, Informasi adalah kunci sukses salah satu medianya adalah koran, Baca koran jangan Headline news-nya tapi di Iklan keciknya he…he….
    1. Peluang Usaha
    2. Butuh Uang
    3. Kerjasama
    4. Dijual dll
    Bagi mereka yang tau informasi lebih awal bakalan beruntung…..

  18. Alhamdulillah,ternyata ada yang mengungkap uneg-uneg saya masalah baca koran pagi hari.Dan sebetulnya bahkan berita koran pagi siang sore malampun saya kurang minat,alasannya :
    1.Kalau ingin mengetahui suatu kasus yang sifatnya publik(media koran),saya mending memanfaatkan telinga sambil apa saja untuk menyadap cerita teman-teman,kalau beritanya agak menarik saya cermati biar nggak salah dengar tapi kalau ringan-ringan ya… asal dengar aja dan misalkan nggak dengar berita news babar blass yo…kata Pak Harto mantan RI 1…ora patheken.

    2.Saya lebih mementingkan membaca artikel-artikel yang sifatnya ilmu khususnya alam dan bahkan yang berunsur logika tinggi.Entah itu masalah Alam;psikologi yang bertendensi Agama dan bukan psikologinya Dr. Boyke (yang kata dia anak sekolah ke discotik komentarnya baik-baik saja).Okeylah…Mas Rovic,terimakasih masukannya.Salutt…..

  19. bener juga, kalo pagi gk usah baca koran, lebih bagus lagi kalo membaca Al Qur’an jauh lebih adem dihati. setelah itu jadi damai deh…
    nggak percaya… buktiin aja!

  20. He he iya…eee, dari sejak kuliah dulu tu males kl bc koran…tpi ngangeni, begitu dibuka ah pasti gini gitu certanya (sudah terduga dipikiran dulu)…YANG SAYA MASIH BINGING MAS ROVICK INI APA SEMPET BACA KORAN, WONG BACA KOMENNTAR DI BLOGNYA AJA MUNGKIN NYITA WAKTU, BELUM NULIS ARTIKELNYA, GOLEK REFERENSI…MLAKU2 MOTRET2…WAH BANYAK BANGET…. NYAMBUT GAWENE OPO SI MASSS…NGATUR WAKTUNE PIYEE….HE HE???

  21. Nasib anak Kost :(.. susah betul cari koran, apalagi di BPN ini susah betul cari KOMP*S, sementara koran lokal kerasa kurang enak dibaca, terpaksa maling koran dari kantor deh :D… nah, kalau seperti ini kan terpaksa mbacanya malam2 kan? .. ada gunanya juga hehehehe … aku manut Pakde’ deh! ..

  22. betul pak … perasaan lebih banyak berita yang berkonotasi negatif daripada negatif … bahkan dulu di salah satu stasiun TV swasta nasional setelah acara pertandingan sepakbola dinihari ( Seri A Itali ) .. menjelang subuh ditayangkan infotainment .. weleh .. udah keblinger tuh orang yang ngatur acara

  23. wah, bener tu..saya kalo baca koran emang siang, pas pulang kuliah nyambi makan siang en nonton ceriwis(lha kok?)
    bukannya saya super sibuk sampe nggak sempat baca koran pagi, tapi emang males baca pagi-pagi. udah banyak “berita buruk” masak pagi-pagi mo dijejali pikiran buruk lagi? nanti kalo gini gimana..nanti kalo itu gimana..yah, sedikit banyak kan bikin bad mood di pagi hari.
    eh, tapi makasih ya masukannya..

  24. Mas Rovick, lha saya baca berita pagi itu biar matanya melek je. yang dibaca pertama kali adalah: acara TV hari ini, he…he…
    Trus beli koran di trafic light (meski di rumah sudah langganan)alasannya cuma 1 kok, daripada ngasih receh ke pengamen gak jelas, mending beli koran utk kasih komisi ma yg jual. kalo sudah gitu, mau gak mau ya baca korannya, mosok udah dibeli gak dibaca??? Tapi mgk bagus juga idenya, baca koran setelah makan siang….???

  25. betul sekali mas…. Indonesia sekarang sudah dijejeli dengan berita negatif terus… seolah indonesia itu nggak ada berita prestasi… apa karena media sudah nggak “berkawan” lagi untuk membangun anak bangsa ya…
    Terima kasih mas masukannya

  26. untung gak langganan koran, tapi langganan koran online πŸ˜€
    walau suasana hati ceria klo kena macet dari ujung depok-jakarta tetep aja nyampe kantor agak gondok jg pak πŸ˜€

  27. emang lama lama bosen juga ya ,pagi pagi disuguhin badnews,baik melalui media cetak ato TV..
    mendingan beres beres rumah aja deh sebelum berangkat kerja,itung itung olahraga..

  28. hehehe…
    setuju, den!
    sampeyan emang jarang keabisan ide nulis kayaknya ya ?
    kalo katanya sih bad news is good news… nah lo !
    tapi apa mungkin mental kita lagi sampe level segitu ya ?
    yang seneng liat/denger kesusahan orang laen…
    en kayaknya media kita seperti terbius menyiarkan apapun (termasuk tayangan infotainment dan sinetron) dengan cara2 yang gak santun…
    hehehehe
    bener apa bener ?
    kayak ada udang dibalik rempeyek (lagi) ya ?
    dan semuanya bersembunyi dibalik yang namanya kebebasan pers….
    hihihihi
    semoga suatu saat yang empunya media kena batunya ya ?
    diuber2 wartawan karena kena “apa” gitu ?
    loh kok do’anya jelek ???

    salam

  29. yg bukan berita jelek biasanya berita olahraga, kecuali pemain atau tim yg didukung kalah (berita pertandingan)…:p
    jadi pagi hari lebih baik baca blog aja ya, pak…:D

  30. apa ada perbedaan antara membaca harian (koran) dengan menonton informasi di televisi? radio? sebab, sebagai contoh.. saya lebih suka nyetel TV pagi2 cari berita kriminal (BUSER PAGI) barangkali klo ada koran kriminal di pagi itu (LAMPU MERAH atau POS KOTA—halah di banda aceh gak ada niy) barangkali itu lbh menyenangkan…..
    entahlah barangkali ada yg berminat meneliti perilaku manusia dari apa yg dibacanya pada pagi hari…..

  31. ya memang Mas apa yang ada dipikiran kita pagi hari bisa bawa pengaruh dikeseharian nanti, tapi paling nggak saya tetep baca tapi hanya headlinenya aja dan kalau sempet Tajuk rencana dan artikelnya dua hal ini yang bagi saya yang utamanya, sama berita duka….ha…ha.. siapa tau ada sudara yang meninggal, mosok taunya siang….

  32. om roviq, sekarang saya kerja di newsroom dan memang harus diakui sisi negatif sebuah peristiwa selalu terlihat lebih menarik untuk diangkat hehehe…
    ada demo, kalo ga ricuh ngga menarik..
    ada pembagian jatah hidup bagi pengungsi, kalo merata (beres-beres aja) ngga menarik…
    ada penerimaan mahasiswa baru, kalo lurus-lurus aja ngga ada praktek curang ngga menarik…

Leave a Reply