Gempa di Bengkulu 5.3 Mw, dan 7.2 Mw di selatan Jawa terasa di Jakarta, Membuat gelombang tsunami di Pangandaran

0

Gempa 17 July 06Mungkin anda yg di Jakarta barusan ngerasain getaran.

menurut USGS Gempa itu bersumber di laut kira-kira 80 miles (125 km) dari Bengkulu. Dengan kekuatan 5.3 Mw, dan kedalaman 20.7 Km. Gempa ini sangat kecil menimbulkan tsunami. Ketika sedang menuliskan ini saya menambah ttg info gempa yg lain, namun kedua gempa ini tidak harus saling berhubungan karena keduanya dalam segmen yg berbeda.Jam 15 sore 17 Juli 2006

Ternyata ada dua yg jam 3 sore berpusat di sebelah selatan pulau Jawa dengan kekuatan 7.2 Mw. Kedalaman 48.6 km (30.2 miles), mungkin yang kedua ini yg lebih terasa di Jakarta. New updated – Gempa ini akhirnya dikoreksi menjadi 7.7 oleh USGS, setelah melihat dampak tsunaminya besar. Kedalamannya dikoreksi menjadi 34 Km.

Menurut info USGS gempa susulannya berukuran 6.1 Mw.

Untuk Gempa Bengkulu 12 Sept 2007 Silahkan baca ini : AWAS TSUNAMI UTK BENGKULU !!!!

Gempa 17 July 2006Menurut berita terakhir (pkl 17.30) Pangandaran sudah mulai terendam. Membuat kepanikan di selatan Jawa. Berita radio Melalui Elshinta beberapa orang yg sedang berlibur di pangandaran mengabarkan telah terjadi tsunami setinggi 0.5-1m di Pangandaran akibat Gempa sore ini, beberapa hotel, rumah dan bangunan mengalami kerusakan.

Untuk selanjutnya tentunya tidak perlu panik. Karena tsunami yg terbentuk cukup kecil (<1 meter). Gelombang tsunami ini tidak akan bertambah besar dengan waktu yg sangat singkat. Jadi saat ini gelombang pasti akan mengecil. Karena gempa penyebabnya “sudah” terjadi, dan gempa susulannya pasti lebih kecil dari sebelumnya. Hanya saja jangan mendekati pantai, karena arus balik air ini sangat kuat dan sering membawa material dari darat. Kerusakan sangat mungkin terjadi karena gelombang tsunami ini berbeda dengan gelombang biasa.

gempa-pangandaran.gifKekuatan gempa selalu menurun. Laporan dari USGS menunjukkan gempa susulannya terlihat berkurang kekuatannya :

Memang susah ya untuk tidak panik. Tapi waspada sajalah …
Perbedaan Gel Tsunami dan Gelombang biasa Perbedaan gelombang ini bisa dilihatdisebalh kiri ini. (klick utk memperbesar). Dengan demikian jumlah air yg menyapu kedarat bisa dalam jumlah yang besar. Sedangkan gelombang angin akan pecah di pinggir pantai.

Tsunami kecil di Pangandaran ini diakibatkan oleh gempa yang terjadi di selatan Jawa. Tidak ada hubungan antara tsunami pangandaran ini dengan gempa Bengkulu.

1 COMMENT

  1. kami yg tinggal di nabire papua juga kawatir, karena masih trauma tahun yang lalu dan kini masih menyisakan kepedihan, apakah ada info mutakhir untuk terjadinya gempa di wilayah kami?

  2. ternyata gelombangnya gede juga… ratusan orang mati…

    Turut berduka cita…

    Sesudah gempa pun masih susah mempredksi yg tepat, apalagi sebelum.. semoga teknologi deteksi cepat meningkat..

  3. Pak Vicky, ternyata yang jadi korban banyak lho… dan Gelombang Tsunaminya juga cukup dahsyat… sampe ada yang terseret… dan belum ditemukan.
    Tapi kita masih tetep harus merasa prihatin yang mendalam karena ketidak-siapan aparat negara kita dalam menghadapi tiap bencana yg terjadi, selalu saja tergagap-gagap dan terlambat memberi pertolongan. Entah sampe kapan……

  4. ic ic, thx a lot pak utk pengetahuannya, saya juga mohon ijin utk mempublish paparan bapak di website tim airputih (airputih.or.id), saya yakin info spt ini perlu diketahui supaya masyarakat tidak keliru membaca data.

  5. kalau melihat di USGS kekuatan awalnya 7.2 SR, susulannya 6.1, trus 6.0, kemudian 6.0 dan 5.9

    Jadi penurunan wajar kekuatan gempanya menurun !
    * M 5.9, south of Java, Indonesia
    * M 6.0, Java, Indonesia
    * M 6.1, south of Java, Indonesia
    * M 7.2, south of Java, Indonesia

  6. Kekuatan dan diskripsi gempa itu DIKOREKSI.

    Mungkin bukan naik turun kekuatannya, tetapi pengukuran atau penghitungan kekuatan gempa itu tergantung dari jumlah geophone yg diakses. Itusalh sebabnya gempa itu harus selalu dikoreksi. Jadi dikoreksi, bukannya kekuatannya naik turun.
    Inget ndak kekuatan gempa di Jogja sebelumnya dideket muara opak, trus berubah. bahkan USGS sendiri merubah titik pusat gempanya setelah memilki jumlah data yg mencukupi.

  7. hmm gempa puncak? ngeri juga yak kalo emank ada.. tp emank gempa susulannya bakal terus masi ada keliatannya ini yah.. cuman ndak tau apa makin naik skala nya atau makin turun yah.. 🙁 mudah2an seh ga sampe naik terus ini skala nya.. mengerikan proses penstabilan bumi kita ini yak.. 🙁

  8. Tsunami yg terjadi mungkin kecil (0.5-1 meter)

    Ternyata perkiraan ini salah. Karena dikoreksi oleh USGS menjadi 7.7. Dan tsunami hingga 7 meter terjadi di Pangandaran dsk. 🙁

Leave a Reply