Danau Baru dan Patahan

0
40

Danau Baru - Sumber detik.comAku mendapat beberapa imil sehubungan dengan berkembangnya isu macam-macam soal gempa, banjir, tanahlongsor, patahan, juga awan lurus … wis pokoke aneh-aneh semua dicampur baur jadi gado-gadu isu baru. Nah salah satunya lagi-lagi yang ada di Detik.com. Tentang danau baru terbentuk memanjang satu kilometer dengan lebar 100 meter.

Bagaimana ini bisa terjadi ?

Bendungan alamiah
Bendungan merupakan sebuah tubuh air yg sengaja dibuat manusia untuk tujuan antara lain: mengontrol aliran air, pengendali banjir, perairan, dan pembangkit listrik. Bendungan biasanya dibuat pada tempat-tempat yg bertebing curam, sempit serta aliran alir sungai dibawahnya cukup deras. Tempat-tempat yg curam dan sempit tersebut memang seringkali daerah yg mudah longsor. Itulah sebabnya daerah disekitar bendungan yg akan dibuat seringkali lerengnya distabilkan dahulu sehingga tidak longsor.

Bendungan alamiah yg terbentuk di Maluku Tengah yg ada di detik.com itu sebenernya memiliki mekanisme yang sama dengan pembuatan bendungan tersebut. Namun mekanisme penutupan bendungannya dilakukan oleh alam.
Sebelum Longsor

Sebelum mengalami longsor tebing curam lembah sungai tersebut dibawahnya mengalir air seperti sungai pada umumnya. Sungai-sungai ini biasanya berada di hulu didekat pegunungan atau perbukitan, bentuk lembahnya seperti huruf V. Sungai-sungai di hilir dekat muara, biasanya lembahnya berbentuk U dan sangat lebar.

Setelah longsorKarena tebingnya yang curam, maka tebung lembah sungai ini mudah sekali longsor dan membentuk bendungan alamiah. Pengisian air ini juga tidak sekonyong-konyong dalam waktu singkat, namun perlahan-lahan sesuai dengan debit sungai yang mengalir. Sehingga makin lama bendungan alamiah ini terisi air hingga penuh.

Naaah … ketahuilah potensi bahayanya !

Karena “bendungan” alamiah ini terusun oleh batuan lepas-lepas dan lunak tentusaja memiliki kekuatan untuk menahan menahan kolom airnya sangat terbatas. Kalau bendungan ini jebol tentusaja akan membanjiri aliran sungai kebawahnya. Apabila tubuh air yang terbendung ini cukup banyak maka akan sangat mungkin menyebabkan banjir di daerah hilir. Jadi kalau tiba-tiba ada sebuah sungai yang kehilangan supply airnya perlu diketahui penyebabnya. Apakah ada bendungan dibagian hulunya.

Menurut beberapa ahli geologi, gejala-gejala ini pernah terjadi juga di Ambon dan juga di Bali. Bahkan di Bali jebolnya bendungan ini menyebabkan banjir bandang ke persawahan.

Bukan akibat turunnya muka tanah akibat sesar/patahan.

Nah beberapa waktu yang lalu mungkin ada yang mendengar adanya kemungkinan turunnya muka tanah (nendatan atau terban atau graben) akibat patahan kan ? nah mekanisme terbentuknya danau akibat patahan tentunya berbeda dengan danau ini. jadi ndak perlu takut bahwa danau baru ini terbentuk karena ada patahan yg bergeser. Namun harus diwaspadai kemungkinan jebolnya bendungan ini karena akan menyebabkan banjir bandang, air mengalir deras bercampur batu, pasir dan tanah.

============================================

Update !

Saya baru tahu ternyata Danau Ini akhirnya jebok ditahun 2010 !

Senin, 13/02/2012 07:34 WIB

 

Danau ‘Ajaib’ Jebol, Dusun Mamua Maluku Tengah Tersapu Air Bah

 

M Hanafi Holle – detikNews

 

 

Ambon – Pernah dengar bukit ambruk menjadi danau seluas 1 kilometer persegi. Ini memang danau ajaib. Kejadian ini sempat mengegerkan masyarakat Maluku, pada Juli 2006 silam. Nah, ini danau kembali mengamuk. Tanah sebagai tanggul penahan danau ini jebol, Sabtu (11/2/2012) kemarin.

warga dibuat panik bukan kepalang. Air bah yang datang dari arah bukit menghantam rumah warga dan pepohonan. Ribuan warga yang mendiami dusun Mamua Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah lari tunggang langgang. Menyelamatkan jiwanya. Beruntung ngamuknya danau ini pada Siang bolong. Tepatnya jam 13.00 Wit. Jadinya, warga cepat mencari perlindungan pada ketinggian. Rumah warga terendam hingga 1,5 meter.

Pantauan detikcom, para warga berusaha keluar dari rumah dengan menggunakan tali yang dibantu warga lainnya. Mereka juga berusaha menyelamatkan harta barang mereka. Puluhan rumah rusak akibat hantaman air danau ajaib itu. Menurut para warga, ada salah satu warga yang hanyut di bawa air bah.

“Kami cek, warga ada salah satu warga yang hanyut dibawa air. Karena airnya datang tiba-tiba. Hanya dengar suara gemuruh. Warga semuanya lari keluar rumah dengan pakaian di badan,” tutur La Arif (45), warga dusun Mamua.

Sekedar diketahui, terbentuknya danau ajaib ini akibat ambruknya sebuah bukit di pegunungan desa Hila kecamatan Leihitu, pada 2006 silam. Pihak BMG katakan, ambruknya bukit ke dalam tanah di dusun Mamua, diprediksi akibat patahan di bagian bawah bumi. Dilihat peta geologi pulau Ambon, Dusun Mamua masuk dalam jalur patahan (sesar) yang dapat mengakibatkan perubahan permukaan bumi. Jalur itu menuju hingga desa Alang Kecamatan Leihitu. Jalur di dusun Mamua masuk dalam patahan tidak aktif. Patahan itu bisa aktif jika ada pergerakan lempengan bumi.

Bulan Juli 2011 lalu, air bah akibat jebolnya danau ini juga terjadi pada siang hari. Saat itu. puluhan rumah rusak, sehingga ratusan warga terpaksa mengungsi. Selain merusak rumah warga, air bah itu juga memutus jalan utama antardesa di Leihitu. Jalan tertutup lumpur, juga, hampir setinggi satu meter. Menyikapi kondisi ini, pihak dinas sosial Maluku, kini mengirimkan relawan Tagana untuk membantu para warga. Bahkan Tagana juga memberikan bantuan bahan makanan dan pakaian.

Sumber Detik

1 COMMENT

  1. bendungan kayak gitu prosesnya emang jadi sangat lemah kaerena matrialnya ga padat apa lagi tekanan air makin besar. wah bisa buahaya di muaranya

  2. fotonya keren-keren, bahasa artikelnya juga awamisasi banget. kalo ada artikel baru, boleh dong woro-woro. sekalian mau tanya nih pak, gimana potensi LAMPUNG untuk terjadi gempa besar, atau tsunami. mumpung belum kejadian…

  3. Mari tetap berendah hati. Tak perlu merasa paling benar dan paling pandai. Tak perlu pula membodoh-bodohkan otrang yang tak sependapat dengan kita. Karena ilmu dan pengetahuan yang kita miliki bagaikan setetes air di dalam saumdra ilmu ciptaan Tuhan.

Leave a Reply