Perhatikan Merapi !

0

Merapi sangat perlu diperhatikan saat ini ketimbang gempa, walaupun dua-duanya jangan sampai membuat kita lengah. Tetapi sepertinya aktifitas Merapi telah menunjukkan aktifitasnya yang meningkat. Peningkatan aktifitas Gunung Merapi ini sudah dimulai sejak sebelum ada gempa 27 Mei 2006 kemarin . Gempa ini seolah mengintai dari belakang sejak dulu. Dan sekarang kita jangan lengah lagi dengan kegiatan Gunung Merapi.

Gunung Merapi memang bukan tipe Gunung yg meletus DUER!!, bukan yipe gunung apai yg galak. Sepertinya Gunung Merapi ini seperti orang jawa yang lemah gemulai. Aktifitasnya tergolong sangat tinggi dibanding gunungapi didunia. Bahkan termasuk gunungapi teraktif.

Bahaya gunung api bukanlah lemparan batu-batua, tetapi bahaya merapi saat aktif adalah awanpanasnya yang dapat menjangkau sejauh 6-7 Km. Bahaya merapi juga pada saat kepundan non aktif, yaitu pada saat musim hujan. Pada saat musim hujan sering terjadi aliran lahar yg berupa pasir serta batu-batuan yg bercampur air hujan. Aliran lahar ini yg dulu diduga sebagai penimbun beberapa candi.

Kalau Gunung Merapi “batuk-batuk” bisa jadi itu memang “lebih baik”, karena kalau Gunung Merapi ini diam (non aktif) terlalu lama, maka energi yg dikumpulkan juga akan sangat besar.

Leave a Reply