Tidak ada tsunami di Jogja – Dengarkan Radio

3

Issue yang berkembang di Jogja cukup mengkhawatirkan. Banyak issue terutama issue tsunami. Usaha-usaha meyakinkan bahwa tidak ada tsunami selalu didengungkan, namun ketika teriakan tsunami membahana siapa saja tentusaja panik.

Secara ilmiah gempa yang terjadi di Jogja tidak akan menyebabkan tsunami, aling tidak utk dalam beebrapa tahun ini. Ada beebrapa alasan mengapa tidak ada tsunami ketika gempa tektonik di Jogja ini.

  1. Gempa ini terjadi di darat. Memang betul BMG memperkirakan lokasi epicenternya di laut, namun dua institusi lainnya (USGS dan EMSC) mempekirakannya di darat. JAdi sangat kecil kemungkinan terjadinya tsunami.
  2. Gempa tersebut akibat sesar (patahan) geser – Strike Slip. Tidak seperti patahan naik-turun yg menyebabkan adanya dislokasi vertikal, patahan geser ini tidak menyebabkan dislokasi vertikal secara optimum. Sehingga kemungkinan tsunami yang terjadi akibat dislokasi sesar geser menjadi kecil.
  3. Kalau terjadi gempa susulan maka kekuatan gempanya lebih kecil dari gempa utama. Tentusaja dislokasi yang terjadi semakin kecil dari yang utama.

Dengan demikian tidak perlu takut akan terjadi tsunami di Jogja. Bahkan kalau anda tahu siapa yg berteriak duluan, coba saja ditangkap dan dipegang itu provokatornya. Sekali lagi jangan panik. Saran yang paling tepat adalah dengarkan siaran radio, karena siaran radio lebih bisa dipercaya ketimbang teriakan seseorang yg sedang panik di jalan raya. Kewaspadaan tentusaja harus selalu dilakukan, karena kewaspadaan lebih penting dari sekedar ramalan.

Salam waspada.

3 COMMENTS

Leave a Reply