Kapan kamu merasa hadir didunia ini ?

4

Kapan kamu merasa hadir didunia ini ?

Kapan saat kamu terkecil yang bisa anda ingat ?
Semasa 2 tahun, 4 tahun atau ketika bayi ?
Ingat ndak wektu kamu lahir, ceprot ?
Ngga mungkin kan ? 

Kenapa kita yakin bahwa yg melahirkan kita itu “ibu” kita yg sekarang kita kenal ?
Paling banter hanya karena surat kenal lahir atau akta kelahiran. Bahkan mungkin foto kita wektu berumur beberapa hari yg di “klaim” itu adalah diri kita waktu kecil. Walopun tanpa ada memory (ingatan di otak) dan kita percaya saja kan … apa kata nenek, om, tante dsb. Keyakinan bahwa foto itu adalah diri kita hanyalah keyakinan yg “dihembuskan” oleh pendahulu kita tanpa kita menyadarinya.

Demikian lah … diri kita ini tahu “ada” ketika memory termuda yg dapat kita rekam. Aku sendiri memilki memory terkecil umur 2 tahun. Aku inget ketika diambil dari rumah nenek di Solo ketika peristiwa terjadi peristiwa tahun 65. Aku dititipkan di rumah nenek sejak umur 1 tahun (kalau wektu awal ini, aku ga inget blass), tapi aku inget ketika turun dari bis yg membawaku dari solo. Ntah ini peristiwa “kahdiranku” di dunia yg aku “sadari”. Selain itu … blass aku hanya percaya kata “leluhur” (orang yg mengaku bapak ibu). Dan fotoku umur 2 bulan hanyalah seperti mitos tanpa ada ingatan di otak ini.

Nah bisa ngga dibayangkan ….
sejak kapan manusia ini ada ?
kalau saja foto kecil kita digantikan oleh fosil ?
kalau saja akta lahir itu digantikan ilmu pengetahuan dan kamu digantikan “manusia” sejak dahulu ….
Jadi, percaya kah bahwa fosil Pithecanthropus itu adalah “manusia”?
Dan percaya bahwa “evolusi” itu ada ?

4 COMMENTS

  1. Kalau pikun trus meninggal lah trus nanti di surga inget identitasnya ngga ya?
    Konon mnurut agama bekas maling lebih terhormat karena tobat. Lah kalo maling dicuci otak trus jadi kyai apa nanti stlh mati jadi masuk surga ya?
    Kalau gitu sak dunia ini dicuci otak aja piye ya ?

  2. kalo gw sie asik aj
    ga pduli kpn ku mlai inget ap yang trjdi pd diriku wktu kcil dlu.
    toh juga ku ga bakalan tau sampe usia berapa tar ingatan tu nemplok diotak gw,
    cos,,
    psti klo ak dkasie umur pe tua
    otak ku psti bakalan ngalamin tu “pikun”,,,
    kayak bayi lagi deh,,
    akhirnya muncul noh prtanyaan..
    Kapan kamu merasa pergi dari dunia ini??
    nah lohh….

Leave a Reply