Kunjungan ke ITM – Medan

12

Wektu loong whik en dua pekan lalu (30Apr-1May), aku menyempatkan diri untuk mengunjungi ITM Medan (Institut Teknologi Medan). Sendirian saja, eh bersama keluarga dink 🙂 Lah kebetulan agendaku ngga sama dengan agenda temen-temen yang lain, upst !. Btw kalau nanti ada yg berminat ke sana perlu ditemenin Insya Allah saya bantuin.

Saya ke Medan Hari Sabtu pagi dan balik Senin pagi.
Nah Minggu Pagi sampai sore mengisi acara kursus sehari di ITM berjudul Reservoir Modeling. Judul kursus ini akhirnya hanya dipakai sebagai “bungkus” karena sesuai dengan permintaan ketua Jurusan Geologi, Pak Said, agar diberikan bekal tentang seluk beluk geologi.
Hal ini disebabkan pesertanya beragam ada yg dari jurusan pertambangan dan jurusan Geologi. Dari angkatan sangat muda sampai yg sudah menyusun skripsi (Tugas Akhir).

Acaranya dibuka oleh Ketua Jurusan Pak Said, Saya sendiri mengawali dengan Success Career Skill in Geosciences (bahan presentasi saya ketika mengsisi acara workshop kurikulum di UGM februari awal tahun ini).
Acara utama yg berjudul reservoir modeling akhirnya aku geser menjadi “earth modeling”. Karena materinya akan lebih melebar supaya ada juga “ilmu tambahan” buat mahasiswa tambang yg hadir sejak awal hingga akhir presentasi pukul 5 sore. Ya, mereka sangat antusias mengikuti sejak pagi hingga sore. Coba saja lihat bagaimana mereka asyik mengerjakan latihan-latihan bermain dengan seismic section yg saya berikan. Seneng rasanya melihat mereka atusias untuk terus belajar.

Penutupan acara dilakukan oleh Dekan Teknologi Mineral, Pak Eka.

Kesan saya:
Mahasiswa ITM ini sangat “kehausan ilmu”. Posisi geografisnya yang jauh dari pusat keramaian Indonesia (Jawa – jakarta, bandung, jogja, surabaya) menjadikan informasi kebumian juga sedikit. Namun dengan adanya AAPG-Student Chapter yg sangat aktif ini akhirnya mampu mendatangkan beberapa pakar Geoscience Dunia termasuk Kerry Sieh (pakar Gempa bumi) utk memberikan short lecture di ITM .. Salut !!

Ada pesan juga dari Pak Dekan Eka, bahwa sebenernya banyak juga mahasiswa juga dosen dari Jurusan lain yg ingin mengikutinya, namun karena materinya sudah sangat spesifik, maka hanya mahasiswa serta dosen Teknik Mineral saja (Tambang dan geologi) yg diperkenankan hadir. Beliau sangat menginginkan seandainya ada rekan-rekan profesional yang ingin sesekali meninjau Kota Mteropolitan di Sumatra ini, sekaligus meninjau dan mengisi “short talk – sort course” utk mengisi kehausan ilmu geoscience di ITM-Medan.

Sebelumnya saya juga mendapat informasi bahwa ITM akan mengadakan acara dengan Gubernur Suamtra Utara, Temanya yaitu Geo Expo “Toba” yang akan membahas :
– Petroleum geology ( ?? )
– Ore deposit ( Bahan Galian )
– Environment Geology.
Acara ini pernah dijadwalkan tanggal 20-21 May 2006, tetapi diundurkan (saya belum tahu jadwal pengundurannya).

Namun bagi rekan-rekan yg ingin ikut memeriahkan acara Geo-Expo, saya rasa ini kesempatan bagus untuk memperkenalkan geoscience serta dunia aplikasi dalam perminyakan di Kota Metropolitan di Ujung Barat Indonesia. ITM-Medan sangat-sangat terbuka buat siapa saja yg berkenan utk berbagi ilmu.

12 COMMENTS

  1. masuuuuk…….
    saya Akhyar (Geologi ITM-Medan)…
    pkoknya ITM tetap semangat kok..
    oya, sekedar informasi bahwa PERTEMUAN ILMIAH dan MUNASA V PERHIMAGI akan di adakan di Medan. mungkin acaranya sekitar bulan maret..
    ya, dalam hal ini kami sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak demi terlaksananya acara…
    baik dalam pengisian materi maupun sponsor.
    untuk info lanjut hub; [email protected]

  2. Wah…. hebat tu
    Moga-moga han segala ilmu yang diberikan dapat di terapkan dan dipelajari lebih dalam lagi, terutama di dunia pertambangan. ayo maju pertambangan ITM -Medan
    Jangan mau kalah dengan teman2 dari pulau jawa, kebulatan tekad dan kerja keras adalah kunci dari keberhasilan. Pupuk terus kebersamaan dan kekeluargaa dengan semua alumni

  3. ku pikir tindakan para TIMNAS dalam penanganan lusi gimana yah agak aneh gt? masa di sumpeli pake beton apa gak menambah tekanan gas dari dalam?dan menurut ku malah memper parah keadaan aja , selain lumpur di situ juga pengaruh air sangat besar ya …tentunya mencari celah yang retak pada batuan toh.Mbok udah biar mengalir secara alami saja , toh alam yang nantinya menyeimbangkan kembali …mendingan ngurusi para korban yang gak berdosa itu , kasihan mereka .eman eman dengan jalan upaaya apapun duitnya jadi malah sia sia …bukan begitu pak dhe?

  4. selamat sukses buat geologi itm , gimana kabar forhimaginya neh. jangan siasiakan pengorbanan kami dalam menuangkan ide terbentuk forhimagi dari terkuburnya imagi

  5. Koment di milist :

    Ternyata Rovicky melakukan apa yang seharusnya kita semua lakukan bersama,
    jadi malu hati nih !
    Terimakasih dan maaf kalau tidak berkenan.

    BS
    =============
    Menurutku malah bagus, kalo satu orang aja bisa share, berarti waktu temen yg lain bisa dishare ke PT yg lain. Efisien.
    Appreciate untuk Mas Rovicky.
    Hebat juga ITM ini.. bisa dapat sponsor begitu banyak…
    MF
    ================
    Pertanyaan nya adalah apakah saya (akan) melakukan ke PT yang lain ?
    Sekali lagi maaf yang tidak berkenan

    BS
    =========
    Selamat utk Mas Rovicky…..

    Mas BS, mungkin emang susah meng-koordinir beberapa orang utk melakukan kegiatan extra-kurikuler seperti ini….. Karena availability tiap orang yg tidak sama, dan/atau alasan2 yg lainnya….
    Bagi teman2 yg punya passion seperti Mas Rovicky, mungkin bisa meniru cara kerja Mas Rovicky. Mencari network, inisiatif, dan menjalankan
    /mengimplementasi sendiri inisiatif tsb…… Tak payah pening mengajak
    orang dan mengatur hal2 lainnya utk implement the ideas…….

    Semoga berkenan…. (gaya lain…. boleh kan… he..he…)

    KS–>

  6. Karena ada beberapa pertanyaan dan keinginan mengisi ke uni-uni di Indonesia secara umum dan khususnya ke ITM Medan.

    Contact :
    pak Eka 0816 3136031 – Dekan Fak Teknologi Mineral
    pak Said 0812 6559 806 – Ketua Jurusan Geologi
    Sdr Rozali 0813 7542 8495

    Pembiayaan :
    ITM – AAPG Student chapter “TIDAK” memberikan fasilitas transportasi
    dan akomodasi selama mengisi acara ini. Namun mereka menyediakan
    fasilitas mengajar (Notebook, projector, screen etc). Sponsorship ini merupakan sponsor perusahaan terhadap kegiatan AAPG-Student Chapter secara umum. Di Indonesia chairmannya Pak Dharmawan Samsu (BP).
    Moga-moga beliau bersedia memberikan infonya :).

    Biasanya (pengalaman sewaktu di Kondur PSA dulu) perusahaan tempat
    anda bekerja bersedia memberikan bantuan pembiayaan ini sebagai bagian dari bisnis trip, sebagai bagian dari sponsorship tentunya. Toh akhirnya masuk “cost recovery” juga kan ?

    Namun karena aku saat ini berdomisili di LN sehingga pembiayaan selama ini ya terpaksa harus dari kocek sendiri :). Sepertinya HESS juga ngga tahu kalau pegawenya ada berkiprah … hikhikhik.
    Jadi sebaiknya mengisi sambil jalan-jalan keliling Indonesia. Ini aku rasa ide yg lebih bagus. Jadi kalau atas biaya sendiri bukan
    dikhususkan utk mengisi saja, sebaiknya “disambi” sambil berkeliling jalan-jalan mengenal ujung-ujung Indonesia yang lain. Saya sewaktu ke Medan diajak Rozali melihat-lihat Museum Sumatra Utara, Wild Life Museum (the only wildlife museum di ASIA, miliknya pemburu Indonesia Dr. H. Rahmat Shah). Masih banyak yg bisa dikunjungi di Medan. Namun saya tidak sempat ke Danau Toba maupun Siantar karena terlalu jauh.

Leave a Reply