Untuk apa panasbumi ?

2

Pemanfaatan energi geothermal sebagai penggerak mekanis untuk pembangkit listrik dilakukan oleh Prince Piero Ginori Conti tahun 1904. Perocaan yg dilakukan di Larderello ini merupakan awal pemanfaatan uap panas (steam). Kesuksesan awal yg dimulai di Itali ini dimulai dengan membangkitkan energi listrik sebesar 127,650 kWe pada tahun 1942.

untuk-apa-geothermalPemanfaatan energi panasbumi yang paling banyak diketahui di Indonesia adalah untuk pembankit energi listrik. Namun energi panasnya sendiri dapat dimanfaatkansecara langsung untuk berbagai keperluan. Diantaranya sebagai pengeringan bahan. Selain itu energi panas ini dapat dimanfaatkan juga sebagai pemanas air. Pemanfaatan panasbumi ini sangat tergantung dari seberapa tinggi suhu (panas) yg diperlukan.

Di Indonesia pemanfaatan langsung panasbumi ini kurang diminati dan kurang berkembang karena kondisi geografis Indonesia di Katulistiwa yg sudah melimpah ruah dengan panas energi matahari. Namun pemanfaatan langsung panasbumi utk daerah pegunungan yg dingin tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri seperti kolam airpanas.

2 COMMENTS

Leave a Reply