Explorationist

0

yoir mindDidalam sebuah perusahaan hulu migas ada seorang yg tugasnya mencari atau menemukan lokasi dimana akan ada minyak, mereka disebut explorationist yg seringkali berpendidikan dasar geologi atau geofisika. Memandang seorang explorationist kadangkala rada aneh. Lah gimana ndak aneh …. yang ada dibenak si “explorationist” ini tidak sama dengan apa yang mereka lihat. Apa yg dipikirkan selalu saja mendahului apa yg dijumpai. Dan dia akan menceriterakan serta menggambarkan impian lebih dominan dari apa yg dia lihat. René François Ghislain Magritte (1898 – 1967) seorang pelukis surrealis kelahiran Belgia telah menggambarkan cukup pas bagaimana seorang ahli geologi eksplorasi memandang sebuah seismik atupun memandang sebuah peta.

Tuntutan seorang geologist yang bekerja menjadi explorationist ini memanglah demikian adanya. Dia akan senantiasa bermimpi dari sesuatu yg masih sangat mentah, sesuatu yg masih berupa raw material menjadi sebuah bahan yg siap pakai. Ketika melihat sebuah kecambah dia sudah berpikir memetik buahnya. Ada satu kalimat terkenal untuk seorang explorationist minyak “Oil is first found in the mind(Wallace Pratt’s 1952).

Tanpa berpikir “nanti bakalan anu …” maka mustahil minyak itu akan diketemukan. Makanya seorang explorationist kadangkala bertingkah sepeti ahli nujum … wupst !

I have a dream ! 

Leave a Reply