Menulislah secara serampangan

1

On 2/28/06, mimbar saputro wrote:
> Ada nasehat pakar menulis yang nyeleneh. Ia, Laksana bilang “Menulislah
> dengan buruk, alinea melompat-lompat, alur cerita kacau, bahasa amburadul.
> Istilahnya menulis “sampah”.

Mas mimbar njenengan niku nek ngasi nasehat untuk supaya menulis kok aneh bin neko neko to. Lah nek karepe arep nulis skripsi trus mbaca nasehat njenengan lak ya bakalan ra lulus-lulus ta.

Lah mosok nanti mendiskripsi batuan beku bisa jadi begini. Batuan ini warnanya item ke abu-abuan, bentuknya lonjong soale diambil di tepi kali. Rabaannya lumayan halus, kan diambil di kali jadi barangkali udah dipakai untuk ibu-ibu menggosok baju pas cuci-cuci. Kristalnya ya
ndak kliatan wong aku lupa bawa loupe, lah kalau di kali kan yang dibawa malah teropong … upst !

Alurnya yg mlumpat-mlumpat itu gimana ya …. misale aku mau nulis tentang bakmi jawa, eh tiba-tiba inget sepak bola di lapangan. Nah akhire nulis bakmi Pele … hehehe kalau bakmi pele ini emang ada beneran looh di pojokan alun-alun lor, sebelah wetan kidul. Lah iya kan, bakmi pele kan termasuk menu wajib kalau sedang nglencer di jogeja je.

Aku sih senengnya bakmi pakai balungan. Makannya sambil mbrakoti balung2 itu. Wah pokoke kalau pesen ngga pernah lupa …. “Pak minta bami goreng kumplit, pakai ‘ndasgulu’ campur balungane, nggih “. Ndas gulu ini emang hobi, banyak balungnya tapi ada kulitnya … wis Glek
!!!

Wis abis itu tinggal ngobrol sebentar … dua bentar … sampai empat bentar kadang juga belum dibuatin …ngantri …. Edian tenan kiyi … bakmi ket mau kok isane godok terus ta ya …. Lah iya aku tuh sering looh beli bakmi, tapi yg jual kalau njualin ngga mau satu-satu, tapi rombongan sekali bikin langsung empat atau lima porsi. Lah tapekno, kalau nunggu sampei empat bentar aja belum dibikinin itu ya nyebelin kan ? Masak beli seporsi aja nunggu sampek antri nomer
enembelas !

Akhire bakmikupun tersaji di depan, lengkap dengan balungan. Wuik untung ngga ada kucing. Kalau ada kucing aku wis mesti diajak rebutan. Lah aku ini suka kucing tapi kucingku kayaknya sebel sama aku…. lah piye, wong kalau aku ngasi balung mesti sudah bersih … thethelannya
aja wis entek … hikhikhik ….

Nah kalau crita bakmi yg aku barusan ke jogeja kemaren ya mbalah santai to Mas Mimbar … tapi kalau aku disuruh nulis ngawur … ya bingung
Mending makan bakmi pele aja, nyam nyam nyam ….

Glek !

awalnya tulisan ini aku tulis srampangan dalam 1o menit !

1 COMMENT

Leave a Reply