Mitos konspirasi atau teori konspirasi ?

6

Conspiracy Theory ….

Sering sekali menjadi kambing hitam dalam setiap perubahan di dunia. Aku rasa tidak ada yg tahu persis keberadaan atau ketiadaan gerakan ini. Hampir setiap kejadian yg melanda dunia “menyalahkan” pihak yg mengambil keuntungan dalam setiap kejadian. Memang secara logika
sepertinya ok ok saja. Namun saya masih skeptis tentang kebenaran adanya konspirasi yg mampu merubah tatanan dunia, hingga saat ini saya masih menganggapnya “mitos”.

Mitos konspirasi ini tidak hanya “bertanggung jawab” atas keterpurukan ekonomi dunia tahun 1997, konspirasi juga termasuk diantara “tuduhan” terhadap pelaku 911 dengan runtuhnya menara kembar WTC. Juga ada yg yakin dan percaya bahwa mitos ini juga bertanggung jawab pada tsunami Des 2004 lalu dengan percobaan nuklir, juga akhirnya mitos ini pula yang yang menjadi “tertuduh” dalam pergerakan harga minyak yg melambung hingga mendekati 60US$/bbl. Dan juga kenaikan BBM di Indonesia.

Mungkin saja benar, mungkin saja memang ada yg “menggerakkan” perubahan-perubahan dunia. Sangat mungkin ada “dalang-dalang” dalam peristiwa menggegerkan dunia yg sedang menuju era globalisasi segala bidang. Logika-logika yg menyertai mitos konspirasipun terasa enak masuk dalam benak otak kanan maupun otak kiri, secara perhitungan maupun perasaan-perasaan non matematis.

Kita coba sebentar untuk mengesampingkan mitos ini
Yang paling bagus itu adalah bertahan hidup dari lingkungan yg sedang kacau-balau.
Yang sangat bermanfaat adalah mencari peluang-peluang dalam setiap kejadian.
Yang sangat hebat adalah siapa saja yg mampu mengambil keuntungan dalam setiap perubahan.
Yang pada akhirnya yg tersisa siapa saja “survive”, mreka adalah yg mengikuti dan beradaptasi terhadap lingkungan yg susah diprediksi.

kalau anda akhirnya bertahan hidup,
kalau anda yang mampu memperoleh peluang,
kalau anda yang mampu mengambil setiap keuntungan, dan
kalau anda yang “survive” dalam perubahan peradaban ini
Jangan kaget kalau anda terpaksa harus “duduk di kursi terdakwa” karena diyakini masuk sebagai anggota dalam gerakan konspirasi.

Yang paling pas mungkin sekedar belajar dari setiap kejadian yg ada di
sekitar kita …
Konspirasi sebuah realita … atau … mitos ?
Ah …. itu terserah anda …

Salam

6 COMMENTS

  1. Wah…satu sisi saya sih setuju2 ajah ma mas baron tuh, “ambil keuntungannya aja”…tapi kalo bisa kita jangan menutup mata akan adanya konspirasi global, mungkin kita tidak mengalaminya secara pribadi, tetapi yang perlu dikaji adalah rentetan realita peristiwa2 dunia yang tidak mungkin terjadi tanpa suatu rancana yang benar2 matang dari suatu kelompok besar yang kita sendiri memang tidak tahu mereka bercokol dimana saja, bisa jadi di indonesia, di amerika atau bahkan mereka memiliki wakil dimasing2 negara, tetapi yakin mereka pasti ada. Teori konspirasi pada pelaksanaannya sendiri banyak memakai manajemen konflik yang notabenenya memang sebuah potensi besar dari sebuah keberagaman dunia, karena keberagaman akan mebawa pada perbedaan secara ideologis dan berujung pada penguasaan sbuah ideologi di atas ideologi lainnya.

  2. teori anda menurut saya pribadi benar, intinya kita harus survive… bertahan dan berusaha menyiasati keadaan apapun yg terjadi di sekitar kita untuk menjadikan suatu peluang agar kita dapat melangsungkan hidup kita dengan lebih baik…menurut saya pribadi, teori konspirasi tetap ada, tapi ya mau gimaana lagi, bertahan ja, n ambil keuntungannya aja…
    i’m with you bro..

  3. “Teori Konspirasi” adalah penyederhanaan dari kata kepanikan. Memang benar suatu waktu ada skenario global terhadap beberapa peristiwa. Tetapi tidak jarang peristiwa yang divonis digerakkan oleh jaringan kekuatan global justru terjadi secara parsial.

    Alhasil, hidden message dari teori konspirasi adalah kepanikan dan bisa jadi cantolan isu…

  4. Berpendapat sih sah2 saja,benar apa tidaknya sih .hanya tuhan yang tau gitu aja kok repot amat sich..Kita lihat saja kejadian2 yang kita jumpai akhir2 ini,mulai dari tragedi WTC beberapa tahun silam yang trus dijadikan oleh Bush sebagai alasan untuk menghancurkan Iraq.Dengan dalih memerangi TERORISME Amerika&sekutu2nya menyerang negara2 yang lain,yang notabennya negara2 itu negara islam.Mungkin saja mereka bertujuan tuk menghancurkan islam.Coba pikir negara yang memiliki pertahanan sekuat Amerika kok dapat diserang oleh pesawat penumpang sih(WTC)..Mencurigakan…

  5. dalam perjalanan politik intern yang dimana sering terjadi pada suatu negara yang baru mendirikan dasar negara sendiri,itu biasanya para petinggi selalu menutarakan rasa penyimpanganNya yang dimana mereka rangkulkan atau adakan suatu konseptor kasar,yang mereka jadikan itu adalah suatu Teori Konspirasi yang dapat memperkuatkan posisi mereka dalam jabatan Negara atau pada Level Nasonal job.dapatkah aku mengerti lebih detail lagi apa itu Teori Konspirasi????

Leave a Reply